Yahoo Blog

Baru-baru ini yahoo mengeluarkan platform baru miliknya.  Kali ini Yahoo! mengeluarkan Yahoo Blog dimana mirip dengan wordpress, blogspot, ataupun tumblr. Platform ini masih dalam tahap beta, yang arti masih ada perbaikan-perbaikan didalamnya.

Sekilas fitur yang ditawarkan oleh Yahoo! Blog juga dimiliki oleh WordPress ataupun Blogspot. Haswar Hafid dari Yahoo! Indonesia menjelaskan bahwa Yahoo! blog ini memiliki fitur dasar untuk mengkustomisasi layout, mengunggah atau mentautkan foto dan video, serta memiliki editor rich-text dan HTML. Perbedaan unik Yahoo! Blog terhadap platform blog yang lain adalah:

  1. Widget untuk men-track performa blog di dashboard. Anda dapat mengecek pageviews, komentar, dan aktivitas dasar di blog
  2. Mengatur halaman untuk membuat halaman depan atau membuat halaman khusus bagi foto saja misalnya
  3. Membolehkan kita mengatur sendiri lisensi dari konten

 

Tersedia pula pilihan tema dan pilihan berapa kolom yang ditampilkan oleh Anda. Di antara kesemuanya, memang sesuatu yang agak “beda” adalah pilihan untuk melisensi pilihan kita sendiri. Ada enam pilihan lisensi di luar “All right reserved”, yaitu Attribution Creative Commons, Attribution-ShareAlike Creative Commons, Attribution-NoDerivs Creative Commons, Attribution-NonCommercial Creative Commons, Attribution-NonCommercial Creative Commons, Attribution-NonCommercial-ShareAlike Creative Commons, dan Attribution-NonCommercial-NonDerivs Creative Commons. Saya pribadi tidak mengerti banyak soal lisensi seperti ini. Silakan membaca penjelasannya lebih lanjut tentang masing-masing lisensi di situs Creative Commons.

Saat pertama kali kita mendaftar kita akan mendapatkan URL blog kita dengan karakter-karakter acak, seperti http://blog.yahoo.com/k30nc4043n. Tentu kita dapat menggantinya nanti sesuai dengan keinginan kita. Dengan Memilih my dashboard dan klik URL.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *